Beranda » Program Non Pemutaran

Program Non Pemutaran

Berikut ini adalah macam-macam Program Non Pemutaran yang akan diselenggarakan pada acara Sewon Screening #4

  1. Kelas Kritik dan Apresiasi Film: Kelas Bunga Matahari (KBM)

Kelas Apresiasi merupakan sebuah program yang ada dan dilaksanakan kali ketiga  pada Sewon Screening tahun ini. Program ini dilatarbelakangi oleh keinginan tim program Sewon Screening untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman baru kepada khalayak tentang bagaimana cara mengkaji sebuah film serta perkembangannya. Peserta diharapkan bisa melihat dan mengkaji film melalui sudut pandang dan disiplin ilmu yang beragam. Tujuan dari program ini adalah peserta dapat menghasilkan sebuah karya tulis berbentuk essai, resensi film, serta kritik film yang nantinya tulisan-tulisan tersebut akan menjadi sebuah buku dan juga akan dimuat di website Sewon Screening.

 

  1. Forum Komunitas

Forum Komunitas ialah salah satu program dari Sewon Screening yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mempertemukan komunitas dari berbagai komunitas di seluruh Indonesia. Program ini selalu ada selama acara sewon screening berlangsung. Forum Komunitas merupakan program dimana masing-masing komunitas yang hadir dapat bercengkrama dan berbagi ide serta bertukar gagasan yang mereka miliki, saling mengenal satu sama lain hingga terciptanya sebuah relasi yang luas bagi insan penggiat film aleternatif dan diharapkan menjadi hubungan yang dapat saling mensupport satu sama lain.

 

  1. Diskusi Bersama anak KBM

Program ini adalah lanjutan dari program kelas apresiasi kritik yaitu Kelas Bunga Matahari (KBM) program ini berupa program diskusi yang terbuka untuk umum. Program ini nantinya  diisi oleh peserta KBM beserta pemateri. Jika sebelumnya peserta KBM hanya menghasilkan tulisan maka melalui program ini para peserta bisa mendiskusikannya di depan umum.

 

  1. Pameran Poster Film

Program pameran poster ini akan menampilkan seluruh poster film baik yang lolos untuk diputar di program pemutaran ataupun yang belum berkesempatan diputar. Kami mencoba mengajak penonton untuk menikmati hasil karya film selain film itu sendiri karena poster film juga perlu untuk mendapat ruang apresiasi dalam kontribusinya untuk andil melengkapi sebuah karya film. Hingga nantinya kita semua mengetahui beragam kreativitas dan berbagai wajah poster film.

 

  1. Pameran Arsip Acara Sewon Screening

Pameran arsip ini adalah program yang akan memamerkan barang-barang (arsip) acara Sewon Screening yang telah terlaksana, dari mulai awal sampai yang sedang terlaksana. Dengan ini kami berharap pengunjung dapat membaca, melihat perkembangan acara Sewon Screening dari tahun ke tahun. Selain itu lewat program ini besar harapan untuk dapat dapat menjadi penyambung ingatan bagi penonton yang telah setia mengikuti dan ikut terlibat baik secara langsung maupun tidak sehingga dapat mengingat kembali momen-momen yang terlalui.

 

  1. Pojok Baca dan Karya

Untuk membuat sebuah film tidaklah mudah, tak melulu soal kemampuan teknik membuat film. Film terbentuk dari berbagai wawasan, ide serta pengalaman yang bervariasi. Tak jarang banyak filmmaker yang mendapat referensi dari berbagai literatur. Salah satunya buku, Buku merupakan sumber refrensi yang melimpah. Sehingga media ini tak bisa dipisahkan begitu saja dengan film. Perkembangan film ditulis dan diabadikan ke dalam buku agar dapat dilihat dan diketahui bagi generasi selanjutnya.  Program ini akan menyediakan berbagai macam literatur buku film yang ada untuk nantinya dapat dibaca selama berlangsungnya acara Sewon Screening. Dalam program ini juga nantinya terdapat karya-karya film yang telah diproduksi di prodi televisi dan film institut seni indonesia Yogyakarta yang dapat ditonton penonton secara pribadi.

 

  1. Sewon Market

Sewon Market merupakan bazar yang diselenggarakan untuk turut serta memeriahkan acara Sewon Screening di Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta. Di tahun yang keempat ini, Sewon Screening kembali menghadirkan kesempatan bagi para pengusaha mikro kecil menengah berupa makanan hingga produk kreatif. Sewon Market juga memberikan kesempatan bagi wirausahawan muda dari Fakultas Seni Media Rekam yang ingin turut memeriahkan sewon market dengan menjual produk mereka secara gratis.

Program Non Pemutaran | Sewon Screening

Sekretariat Sewon Screening